ANALISIS TENTANG CEDERA DALAM OLAHRAGA BELADIRI TAEKWONDO DI DOJANG UNP

  • Yogi Setiawan fakultas ilmu keolahragaan universitas negeri padang
  • Frizky Amra fakultas ilmu keolahragaan universitas negeri padang
  • Heru Syarli Lesmana fakultas ilmu keolahragaan universitas negeri padang
Keywords: Cedera, Taekwondo

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah sering terjadinya cedera pada olahraga Tae Kwon-Do di Dojang UNP. Seringnya cedera tersebut kemungkinan disebabkan oleh rendahnya pengetahuan pelatih/pembina pada jenis cedera, penyebab cedera, dan pengobatan cedera. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis cedera, penyebab cedera, dan pengobatan cedera pada olahraga beladiri Taekwondo. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian dilaksanakan Dojang UNP kota Padang. Sampel dalam penelitian ini adalah atlet yang aktif mengikuti latihan Taekwondo berjumlah 50 orang. Untuk mengetahui jenis cedera, penyebab cedera, dan pengobatan cedera  atlet Taekwondo adalah dengan menggunakan angket dan wawancara. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik distribusi frekuensi (statistik deskriptif) dengan perhitungan persentase. Hasil Penelitian adalah jenis cedera olahraga yang sering terjadi dalam olahraga beladiri Tae Kwon-Do di Dojang UNP yaitu: sebanyak 16 orang atau 32% atlet pernah mengalami cedera Sprain, kemudian sebanyak 4 orang atau 8% pernah mengalami cedera Dislokasi, sedangkan 6 orang atau 12% atlet tersebut pernah mengalami cedera Luka Lecet dan 10 orang atau 20% menyatakan pernah mengalami cedera Kram Otot. Sisanya 14 orang atau 28% pernah mengalami cedera Hematom.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-11-30
How to Cite
Setiawan, Y., Amra, F., & Lesmana, H. (2018). ANALISIS TENTANG CEDERA DALAM OLAHRAGA BELADIRI TAEKWONDO DI DOJANG UNP. JURNAL STAMINA, 1(1), 401-414. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/118

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.