PENGARUH SENAM ZUMBA TERHADAP FAT THICKNESS PADA WANITA OBESITAS DI G-SPORT CENTRE PADANG

  • Liza Liza fakultas ilmu keolahragaan universitas negeri padang
  • Endang Sepdanius fakultas ilmu keolahragaan universitas negeri padang
Keywords: Senam Zumba, Fat Thickness

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah banyak sekali wanita yang berkeinginan memiliki tubuh yang ideal, tetapi sebagian besar wanita masih belum tahu program latihan yang tepat untuk mendapat tubuh ideal. Upaya yang dilakukan wanita untuk mendapatkan tubuh ideal adalah dengan melakukan olahraga aerobik. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang keadaan pengaruh senam zumba terhadap fat thickness pada wanita obesitas di G-sport Center Padang.. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Dilakukan di G-Sport Center Kota Padang, dilakukan pada Juli sampai dengan September tahun 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah member G-Sport Center Padang yang rutin melakukan senam zumba setiap minggu yang berjumlah 40 orang. Dalam pengambilan sampel, peneliti ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 16 orang. Data didalam penelitian didapatkan dengan melakukan tes awal (pre test) dengan mengukur fat thickness sampel dan melakukan tes akhir (post test) mengukur fat thickness sampel. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial dengan regresi sederhana. Pengumpulan data menggunakan data fat thickness sebelum dan sesudah senam zumba, senam zumba dilakukan sebanyak 4 kali dalam satu minggu selama satu bulan. Data diolah dengan regresi sederhana sampel terikat dengan α 0,05. Hasil perhitungan sampel terikat data fat thickness awal dan data fat thickness akhir, membandingkan nilai Signifikansi dengan taraf signifikansi,  0.000 < 0.05, artinya terdapat pengaruh yang positif Senam zumba terhadap penurunan fat thickness member G-Sport Center Padang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-11-30
How to Cite
Liza, L., & Sepdanius, E. (2018). PENGARUH SENAM ZUMBA TERHADAP FAT THICKNESS PADA WANITA OBESITAS DI G-SPORT CENTRE PADANG. JURNAL STAMINA, 1(1), 391-400. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/117

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.