Perubahan Kelenturan Sebelum, Setelah Pemanasan Dan Setelah Melakukan Latihan Beban Sirkuit

  • Y. Touvan Juni Samodra Univesitas Tanjung Pura
Keywords: pemanasan, latihan, kelenturan

Abstract

Kelenturan merupakan hal yang sangat penting dalam olahraga. Kelenturan yang tinggi merupakan modal agar terhindar dari cidera. Kesadaran melakukan pemanasan terkadang kurang bagi pelaku olahrga. Penelitian ini menyajikan bukti pengukuran perbedaan kelenturan sebelu, setelah pemanasan dan setelah melakukan latihan beban sirkuit 3 set. Metode dengan one shot study. Sampel berjumlah 16 mahasiswa 15 putra dan 1 putri. Pengukuran dilakukan dengan tes sit and reach, dilakukan sebelum, setelah pemanasan dan sesaat setelah mengakhiri latihan beban 3 set sirkuit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil kelenturan sebelum dan setelah pemanasan, demikian juga kelenturan sebelum pemanasan dan setelah melakukan latihan. Antara setelah pemanasan dan setelah melakukan latihan ternyata tidak terdapat perbedaan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan untuk melakukan pemanasan aktif dan streaching sebelum melakukan aktivitas olahraga.  

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-09-30
How to Cite
Samodra, Y. T. (2022). Perubahan Kelenturan Sebelum, Setelah Pemanasan Dan Setelah Melakukan Latihan Beban Sirkuit. JURNAL STAMINA, 5(7), 279-286. https://doi.org/10.24036/jst.v5i7.1133

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.