Hubungan Riwayat Gaya Hidup Sehat Dengan Tingkat Kesembuhan Pasien Karantina Mandiri Covid-19

  • Yoswandik Yoswandik Univesitas Cenderawasih
  • Rodhi R Hidayat Universitas Cenderawasih
  • Ibrahim Ibrahim Univesitas Cenderawasih
  • Evi Sinaga Univesitas Cenderawasih
  • Siska Sinaga Univesitas Cenderawasih
Keywords: Gaya Hidup Sehat, Covid-19, Karantina Mandiri

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk melakukan verfikasi beberapa teori dan penelitian pendahulu terkait pengaruh gaya hidup sehat terhadap tingkat kesembuhan pasien karantina mandiri COVID-19 di kota Jayapura. Jenis penelitian yang akan kami jalankan adalah penelitian kualitatif, dengan desain penelitian ex post facto. Pusposive sampling kami mengarah pada para penyintas COVID-19 Cluster Kota Jayapra. Kami menggunakan instrumen  Healthy Lifestyle Scale for University Students  yang diusulkan memiliki validitas 0,841 dan reliabilitas konstruk 0,892. eknik analisa data yang kami gunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskripsti. Kepedulian terhadap kesehatan bernilai tinggi karena saat terinveksi kebutuhan gaya hidup sehat meningkat. Dukungan Sosial bernilai tinggi karena saat terinveksi kebutuhan untuk dilayani orang lain sebenarnya meningkat, tetapi dialihkan menjadi kepedulian sosial. Menikmati Hidup bernilai tinggi karena saat terinveksi memiliki harapan hidup yang tinggi, sehingga mendorong diri untuk menggunakan gaya hidup sehat. Kebiasaan beraktivitas fisik, Kebiasaan menjalankan hal rutin ,Kebiasaan asupan nutrisi, Kebiasaan yang membahayakan kesehatan, Dijalankan kepada lebih banyak sampel, masih dinilai rendah dan kesadaran baru meningkat seiiring terinveksi virus.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-09-30
How to Cite
Yoswandik, Y., Hidayat, R., Ibrahim, I., Sinaga, E., & Sinaga, S. (2022). Hubungan Riwayat Gaya Hidup Sehat Dengan Tingkat Kesembuhan Pasien Karantina Mandiri Covid-19. JURNAL STAMINA, 5(7), 267-278. https://doi.org/10.24036/jst.v5i7.1132

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.