PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU PENDIDIKAN JASMANI SEKOLAH DASAR DI KEC.SUNGAI GERINGGIANG KAB.PADANG PARIAMAN
Abstract
Dunia Pendidikan yang kian berkembang baik dari berbagai aspek baik ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut Peran tim dosen sebagai tenaga ahli dalam Penelitian untuk menjawab kebutuhan dunia pendidikan dalam menangatasi masalah pendidikan saat ini.Untuk menghadapi fenomena ini perlu dilakukan pemahaman tentang Penulisan Penelitian dan karya ilmiah olahraga bagi Guru Penjas dalam bentuk penyuluhan penatalaksanaan Penulisan Penelitian tindakan kelas (PTK) , salah satu permasalahan yang di hadapi mitra KKGO Penjas Sekolah Dasar di Kecamatan Sungai Geringging dan UPTD Pendidikan kabupaten Padang Pariaman dalam memperoleh pengetahuan dan pemahaman penulisan, Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah melalui beberapa tahapan, yaitu tahap pertama adalah pelatihan. Tahap yang kedua memberikan pendampingan dalam pelaksanaan tes dan pengkuran secara langsung. Dan yang ketiga adalah evaluasi dari tahap kedua. Adapun Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini tes pengetahuan yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan rumus statistik prosentase. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan hasil sebagai berikut KKGO Penjas Sekolah Dasar di Kecamatan Sungai Geringging memiliki kemampuan dan pengetahuan dalam penulisan penelitian tindakan kelas.
Abstract
The education world is increasingly developing both in various aspects of both science and technology requires the role of the teaching team as experts in research to answer the needs of the education world in addressing current educational problems. To deal with this phenomenon it is necessary to understand the writing of research and sports scientific work for Teachers in the form of counseling on classroom action research (PTK) writing management, one of the problems faced by KKGO partners in Primary Schools in Sungai Geringging Subdistrict and UPTD in Padang Pariaman district in obtaining knowledge and understanding of writing. The method used in this activity is through several stages, namely the first stage is training. The second stage provides assistance in conducting tests and direct measurement. And the third is the evaluation of the second stage. The instrument used in this study is a knowledge test that has been tested for its validity and reliability. Data analysis techniques are used using percentage statistics formula. Based on data analysis and discussion can be concluded the following results KKGO Penjas Elementary School in Sungai Geringging District has the ability and knowledge in writing classroom action research.