Dampak Program Latihan Bounding Terhadap Kinerja Fisik Atlet Bolavoli

  • Mohammad Zaim Zen STKIP PGRI Jombang
Keywords: Performa Fisik, Atlet, Latihan Bounding

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) menilai dan mengevaluasi dampak Single-Leg Bounding Exercise Program (BEP) terhadap peningkatan performa fisik dalam hal kelincahan, kekuatan, keseimbangan, dan power otot tungkai. Subjek penelitian ini adalah empat puluh atlet bola voli jombang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metodologi eksperimen semu (quasi eksperimen). Pengambilan sampel menggunakan rumus larutan dan teknik purposive sampling. Tes awal dan akhir menggunakan tes dinamometer kaki untuk menetapkan kekuatan otot kaki, tes langkah samping untuk menentukan kelincahan, tes pelat kekuatan untuk menunjukkan kekuatan otot kaki, dan tes balok keseimbangan untuk menentukan keseimbangan. Hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa data teratur dan konsisten. Uji beda rerata dilakukan dengan menggunakan uji berpasangan dan uji Manova. Dengan dua prosedur eksperimental, metode untuk meningkatkan kelincahan, kekuatan, keseimbangan, dan kekuatan otot kaki sangat ditingkatkan. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa program latihan bounding dapat sangat meningkatkan kelincahan, kekuatan, keseimbangan, dan kekuatan otot tungkai. Namun, di antara kedua aktivitas tersebut, peningkatan secara signifikan lebih besar pada kelompok yang melakukan single-leg bounding.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-06-30
How to Cite
Zen, M. (2022). Dampak Program Latihan Bounding Terhadap Kinerja Fisik Atlet Bolavoli. JURNAL STAMINA, 5(6), 240-246. https://doi.org/10.24036/jst.v5i6.1129

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.