Motivasi Masyarakat Dalam Berolahraga Sepeda Pada Masa Covid-19 Di Kecamatan Sungai Pagu

  • Muhammad Yogi Pratama Universitas Negeri Padang
  • Muhamad Sazeli Rifki Universitas Negeri Padang
Keywords: Motivasi, Sepeda, Covid-19

Abstract

Masalah dalam penelitian adalah terjadinya penomena masyarakat beramai-ramai melakukan olahraga sepeda dimana sebelum masa pandemi covid 19 masyarakat jarang berolahraga khususnya olahraga sepeda. Adapun penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana motivasi masyarakat melakukan olahraga sepeda pada masa covid-19 di Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Solok Selatan. Penelitian ini tergolong pada penelitian deskriptif, yaitu untuk  menjelaskan fakta, keadaan sampel maupun peristiwa dengan benar bersifat alamiah maupun perbuatan manuasia. Sampel dalam penenelitian ini berjumlah 50 orang. Data dikumpulkan menggunakan kusioner atau angket.  Hasil angket disusun dan diolah secara deskriptif melalui persentase. Hasil penelitian ini adalah nilai rata-rata motivasi masyarakat dalam berolahraga sepeda pada masa covid-19 di Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan yaitu 3,58 dengan kategori baik. Berdasarkan data yang didapatkan sub indikator paling tinggi adalah sub indikator fisik dengan rata-rata skor 4,04 dengan persentase 81% pada kategori sangat baik dan yang paling rendah adalah sub indikator aktualisasi diri dengan rata-rata 3, 21 pada kategori baik dengan pesentase 64%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-06-30
How to Cite
Pratama, M., & Rifki, M. (2022). Motivasi Masyarakat Dalam Berolahraga Sepeda Pada Masa Covid-19 Di Kecamatan Sungai Pagu. JURNAL STAMINA, 5(6), 233-239. https://doi.org/10.24036/jst.v5i6.1128

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.