kontribusi status gizi dan kebugaran jasmani terhadap hasil belajar siswa SDN 52 Parupuk Tabing Padang
Abstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa SDN 52 Parupuk Tabing Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara status gizi dengan kebugaran jasmani terhadap hasil belajar dan mengungkapkan kontribusi Status Gizi terhadap Hasil Belajar, kontribusi Kebugaran Jasmani terhadap Hasil Belajar, dan kontribusi Status Gizi dan Kebugaran Jasmani secara bersama-sama terhadap Hasil Belajar Siswa SDN 52 Parupuk Tabing Padang. Penelitian ini masuk dalam penelitian Korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa SDN 52 Parupuk Tabing Padang yang berjumlah 140 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling yang merupakan pengambilan sampel bersyarat, dengan jumlah sampel adalah 24 orang. Berdasarkan dari hasil penelitian ini terdapat hubungan yang signifikan antara status gizi terhadap hasil belajar. Dimana rtabel pada taraf signifikan 0.05=1.717 berarti rhitung (31.5168) > rtabel (1.717). Selanjutnya terdapat hubungan yang signifikan antara kebugaran jasmani terhadap hasil belajar. Dimana rtabel pada taraf signifikan 0.05= 1.717 berarti rhitung (1.1818) > rtabel (1.717). Selanjutnya terdapat hubungan yang signifikan secara bersama antara status gizi dan kebugaran jasmani terhadap hasil belajar. Dimana Ftabel pada taraf signifikan 0.05= 3.47 berarti Fhitung (10.5257) > Ftabel (3.47).
Downloads
Copyright (c) 2019 Anisa Rahmayani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.