kontribusi status gizi dan kebugaran jasmani terhadap hasil belajar siswa SDN 52 Parupuk Tabing Padang

  • Anisa Rahmayani mahasiswa
  • Bafirman Bafirman Universitas Negeri Padang
Keywords: Status Gizi, Kebugaran Jasmani, Hasil Belajar

Abstract

Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa SDN 52 Parupuk Tabing Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara status gizi dengan kebugaran jasmani terhadap hasil belajar dan mengungkapkan kontribusi Status Gizi terhadap Hasil Belajar, kontribusi Kebugaran Jasmani terhadap Hasil Belajar, dan kontribusi Status Gizi dan Kebugaran Jasmani secara bersama-sama terhadap Hasil Belajar Siswa SDN 52 Parupuk Tabing Padang. Penelitian ini masuk dalam penelitian Korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa SDN 52 Parupuk Tabing Padang yang berjumlah 140 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling yang merupakan pengambilan sampel bersyarat, dengan jumlah sampel adalah 24 orang. Berdasarkan dari hasil penelitian ini terdapat hubungan yang signifikan antara status gizi terhadap hasil belajar. Dimana rtabel pada taraf signifikan 0.05=1.717 berarti rhitung (31.5168) > rtabel (1.717). Selanjutnya terdapat hubungan yang signifikan antara kebugaran jasmani terhadap hasil belajar. Dimana rtabel pada taraf signifikan 0.05= 1.717 berarti rhitung (1.1818) > rtabel (1.717). Selanjutnya terdapat hubungan yang signifikan secara bersama antara status gizi dan kebugaran jasmani terhadap hasil belajar. Dimana Ftabel pada taraf signifikan 0.05= 3.47 berarti Fhitung (10.5257) > Ftabel (3.47).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-06-24
How to Cite
Rahmayani, A., & Bafirman, B. (2019). kontribusi status gizi dan kebugaran jasmani terhadap hasil belajar siswa SDN 52 Parupuk Tabing Padang. JURNAL STAMINA, 2(3), 329-337. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/110

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.