Korelasi Somatotype Dengan Kelincahan Atlet Sepak Takraw Psti Padang Panjang

  • Rivaldi Rivaldi Universitas Negeri Padang
  • Muhamad Sazeli Rifki Universitas Negeri Padang
  • Yendrizal Yendrizal Universitas Negeri Padang
Keywords: Somatotype, Kelincahan, Sepak Takraw

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah adanya perbedaan kemampuan teknik dasar dari atlet sepak takraw yang diprediksi karena adanya perbedaan somatotype dan kelincahan dari setiap atlet. Adapun manfaat penelitian ini adalah sebagai acuan untuk menunjang prestasi atlet sepak takraw. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif statistik deskriptif. Sampel berjumlah 15 atlet. Dalam mendapatkan data yang diperlukan, maka diukuran menggunakan tes antropometri dan zig-zag run. Untuk mengetahui hubungan antara kedua variabel, analisis data menggunakan uji statistik Chi-Square. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan, ditemukan bahwa rata-rata atlet sepak takraw PSTI Padang panjang memiliki tipe somatotype  mesomorph dan rata-rata tingkat kelincahan atlet dikategorikan sedang. Berdasarkan hasil analisis data, hubungan antara lain somatotype (X) terhadap kelincahan (Y) atlit sepak takraw PSTI Padang Panjang memiliki hubungan yang signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-09-30
How to Cite
Rivaldi, R., Rifki, M., & Yendrizal, Y. (2021). Korelasi Somatotype Dengan Kelincahan Atlet Sepak Takraw Psti Padang Panjang. JURNAL STAMINA, 4(9), 358-392. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/1093

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.