MANAJEMEN PENGELOLAAN OLAHRAGA REKREASI TREKKING DI AIR TERJUN NYARAI LUBUK ALUNG KAB. PADANG PARIAMAN

  • Fitria Rahmawati Sara fakultas ilmu keolahragaan universitas negeri padang
  • Anton Komaini fakultas ilmu keolahragaan universitas negeri padang
Keywords: Manajemen, Olahraga Rekreasi, Trekking

Abstract

Penelitian ini berawal dari keigintahuan peneliti mengenai manajemen pengelolaan olahraga rekreasi trekking di air terjun Nyarai Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui manajemen pengelolaan olahraga rekreasitrekking di air terjun Nyarai Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh anggotak kepengurusan Air Terjun Nyarai Lubuk Alung yang berjumlah 151 orang. Penarikan sampel menggunakan teknik purposive sample.Jadi, sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 15 orang.Penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner kemudian didukung dengan wawancara, dan dokumentasi yang didapat oleh peneliti. Berdasarkan hasil penelitian, manajemen olahraga rekreasi trekking di air terjun Nyarai Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman secara keseluruhan sudah cukup dengan persentase sebesar 40 %, faktor planning/perencanaan sebagian besar pada kategori cukup dengan persentase sebesar 46,67 %, faktor organizing/pengorganisasian sebagian besar pada kategori cukup dengan persentase sebesar 46,67 %, faktor actuating/pelaksanan sebagian besar pada kategori cukup dengan persentase sebesar 46,67 % dan berdasarkan faktor controlling/pengendalian sebagian besar pada kategori cukup dengan persentase sebesar 53,33 %.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-11-30
How to Cite
Sara, F., & Komaini, A. (2018). MANAJEMEN PENGELOLAAN OLAHRAGA REKREASI TREKKING DI AIR TERJUN NYARAI LUBUK ALUNG KAB. PADANG PARIAMAN. JURNAL STAMINA, 1(1), 325-337. Retrieved from http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/108

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.